Jumat, 14 Agustus 2015

Lulusan Sastra Indonesia Kerja Apa?

Rasanya nano-nano banget ketika nama kita bisa muncul di satu pengumuman yang ditunggu-tunggu dan isinya kita lolos di seleksi itu! Dan alhamdulillah gue dapet di Bandung jurusan Sastra Indonesia. Sebenernya jurusan dan kampus ini sempet jadi idaman waktu jaman lulus SMP gitu. Dulu pilih Sastra Indonesia karena mau jadi penulis. Klise banget alesannya.

Beda sih. Ini kampus di Dipati Ukur
Sampe akhirnya cita-cita gue terkubur karena gue SMK di jurusan Farmasi. Gue jadi punya cita-cita buat terusin kuliah Farmasi. Selama tiga tahun gue di Farmasi, gue makin suka Farmasi. Sampe akhirnya SNMPTN, gue coba ambil Unsoed Farmasi terus Sastra Indonesia dan Unej Farmasi. Ga lolos. Nggak heran deh. SNMPTN emang nggak ada harapan buat anak SMK kayak gue.

Gue harus bisa kuliah! Setelah kecewa karena nggak dapet 10 besar sekelas dan nggak maju ke depan panggung pas wisuda, gue coba buat prestasi lain. Bokap yang selalu dukung gue, selalu doain gue buat bisa masuk di PTN. Kalau gue banyak duit juga nggak mungkin gue kudu dapet PTN. Bisa aja gue di universitas swasta bagus yang Farmasinya oke punya. Sayangnya...keinginan kadang tidak sesuai kenyataannya.

SBMPTN gue ikut. Gue doang yang pindah haluan ke IPS, sedangkan temen-temen gue pada ngambil IPA. Gue emang nggak mau ambil resiko besar. Waktu ambil kampus dan jurusan apa, sebenernya gue bener-bener milihnya. Emang itu yang gue mau. Dan Alhamdulillah gue dapet hasil yang benar-benar mengejutkan.

Gue seneng. Jelas. Karena itu impian gue yang sempat terkubur karena satu hal. Bokap seneng. Tapi ada satu pertanyaan yang bikin gue sedikit minder buat ambil ini.

"Kok nggak lanjut di Farmasi? Kenapa?"

Kata Jonathan Festly S.Mirah. Nggak ada ilmu yang sia-sia. Akhirnya gue yaudah bisa menganggap kalau pindah haluan bukan sesuatu yang salah. Toh pasti ilmu Farmasi gue nanti bisa kepake, entah kapan.

Gue dibuat galau ketika pengumuman UM-PTKIN keluar. Komunikasi Penyiaran Islam. Itu jurusan yang gue mau. Pengumuman itu keluar setelah gue udah siapin semua-semua buat daftar ulang di Bandung. Bokap minta gue tetep ambil di Bandung. Oke gue harus mantep ambil itu!

Nggak lama. Mbak gue yang jurusan Sastra Inggris di PTS ternama bilang...
"Lo mau jadi apaan kuliah di Sastra Indonesia? Kenapa nggak ambil sastra lain?"
"Jadi penulis penerusnya umi Asma Nadia."
"Harusnya ambil sastra lain, Dek. Kayak sastra Jepang, Inggris atau apa gitu. Ujung-ujungnya juga paling kerja di Bank."

Banyak juga pemikiran lulusan Sastra Indonesia mau kerja jadi apa? Bukan hanya Sastra Indonesia, tapi Sastra lain pun begitu. Gue sedikit diem ketika ditanya itu. Penulis bukan suatu kerjaan pokok, bisa dibilang sampingan. Gue berniat buat jadi wartawan di salah satu stasiun TV atau seenggaknya majalah, koran. Gue mau keliling Pulau Jawa!

Ada yang punya tanggapan mengenai lulusan Sastra Indonesia? Atau sastra yang lain gitu? Coret-coret di kolom komentar ya! Aku tunggu. Khusus buat kaka-kaka senior nih wajib komen yaaaa.

2 komentar:

  1. Kerja di bank adalah pilihan kepepet sekaligus idaman buat lulusan berbagai jurusan. Ga menjamin sih sekarang mah mau lulus dari jurusan apa juga, kembali ke orangnya. Yg pasti saya suka sastra, meski bukan anak sastra.

    BalasHapus
  2. Aku lulusan sastra indonesia. Sampai detik ini tetap bergelut dengan tulisan--dunia yg kusuka :D

    BalasHapus