Jumat, 08 Agustus 2014

Kota Buitenzorg



Buitenzorg? Baru denger ya? Atau pernah denger? Awal tau kota Buitenzorg ini gue kira ada di luar negeri. How? Kalian juga pasti mikir begitu. Tapi ternyata kota Buitenzorg ini terletak di provinsi JAWA BARAT. Kalian yang orang Jawa Barat pasti langsung krasak-krusuk dimana tuh dimana? Tenang. Ini ada foto kota Buitenzorg tersebut.
Suasana malamnya

Masih kagak engeh juga ini dimana? Kalau foto yang ini gimana?
Tugu Kujang

Naaah. Kalau ada tugu kujang gini pasti kalian tau itu dimana. Yap, kota yang punya semboyan “Tegar Beriman”, sama kayak gue selalu tegar dan beriman walau digantung sama doi *akurapopo*, BOGOR. Ternyata Bogor ini dulu pada jaman kolonial Belanda dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti “tanpa kecemasan” atau “aman tentram”. Kota Bogor juga dikenal dengan kota Hujan, karena memang curah hujan di daerah Bogor tinggi.

Gue emang nggak lahir di Bogor. Tapi gue udah lama tinggal di Bogor. Ada 12 tahunan gue disana. Intinya Bogor udah bener-bener sedarah daging sama gue deh. Rencananya juga gue mau lanjut nempatin rumah disana bareng ade-ade gue.

Kota Buitenzorg (read : Bogor) terkenal dengan tempat wisatanya. Yang paling menarik perhatian ialah Kebun Raya Bogor dan Taman Safari Indonesia.

Taman Safari Indonesia (Puncak, Bogor)

Kebun Raya Bogor (Kota Bogor)
Selain tempat wisatanya. Pemandangan di Puncak, Bogor yang setiap menjelang liburan ramai didatangi oleh wisatawan juga keren loh. Nih ada foto-fotonya.

Nggak ngiler?

Bakal ketagihan :)

Dan yang terakhir ini makanan khas Bogor, Roti Unyil. Dinamain roti unyil karena memang bentuk roti ini sendiri unyil atau mungil atau kecil. Gue pernah bawain roti unyil buat temen-temen sekolah. Tapi sayangnya Cuma bertahan sampai  3 hari sedangkan waktu itu gue beli jum’at, sabtu pulang, dan sampe minggu. Masuk sekolah baru hari senin. Ribet ya? Ini nih roti unyil nya.

Hmmmm :9
Selain roti unyil, ada juga asinan Bogor. Dulu juga sempet bawain asinan ke Kediri. Rencananya mau ngasinan bareng sama anak-anak kelas. Tapi, belum sampe Kediri, 3 bungkus asinan meledak di dalem mobil. Hasilnya? Mobil bau asinan. Untungnya ditaro sendiri di paling belakang. Jadi pas meledak nggak kena koper dan yang lainnya. Fiuh.

Ya begitulah. Kota Buitenzorg ini memang keren banget. Mau cari pemandangan? Ada tinggal ke Puncak. Mau ke mall? Haha. Banyak. Pantai? Nggak ada. Yah walaupun nggak ada pantai, tapi gue tetep jatuh cinta sama kota ini kok. Penasaran? Langsung aja mampir ke kota Bogor atau nama kerennya kota Buitenzorg ini.

                Note : Gue tau kota Buitenzorg dari bio si @panjiiangkasa

24 komentar:

  1. kalo sukabumi dulu nama belandanya apaa yaa??

    BalasHapus
  2. Mampir ke kota serang juga dong -6.120682, 106.149247

    BalasHapus
  3. Pantesan ya orang Arab sering main-main ke sini. Eh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kata temen yg anak Bogor juga. Banyak orang Arab ke sana, khususnya Puncak, ya buat kawin kontrak gitu lah.

      Hapus
    2. Gue malah baru tau dari lo nih. Haha

      Hapus
  4. ah saya baca buitenzorg di novel novel pramoedya. ga pernah tau kalau sebenarnya itu bogor :D makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Sama-sama ya. Berbagi pengetahuan ;)

      Hapus
  5. Kayaknya sekarang Bogor ini lebih tepat disebut dengan Kota Seribu Angkot. Dulu pernah maen-maen sekitarab Bogor, ternyata bener.. Banyak banget angkot di Buitenzorg ini hehehe

    Salam, ThrwBlog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Bener banget. Ancotnya banyak bangeeeet.

      Hapus
  6. Bogor oh Bogor...
    kebetulan gue juga tinggal disini, memang punya beberapa julukannya, kota hujan karna sering banget hujan, sampe kota sejuta angkot karna jalan-jalan kecil juga ada angkot yang lewat, walaupun gak semuanya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Bogor mananya? Aku di Bojonggedenya nih :)
      Haha. Bener banget. Angkot di Bogor sampe masuk ke gang-gang gitu. Everywhere ada angkot.

      Hapus
  7. Hahah kirain Buitenzorg ada di Belanda. Main ke Bukittinggi Sumbar dong kak :)

    http://thykaisfum.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Aku pikir ya di luar negeri gitu deh. Jauh :(

      Hapus
  8. Saya pernah ke kebun raya bogor sekali tuh. sejuk tempatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sejuk banget ka. Namanya juga kebun :)

      Hapus
  9. Dapat pengetahun istilah baru nih.... kota bogor dulunya Buitenzorg.. keren namanya :))

    BalasHapus
  10. Tapi puncak yang sekarang udah gak sebagus yang dulu, begitu sih ungkapan dari orang - orang yang abis liburan dari puncak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau juga sih. Udah lama banget nggak ke sana bang. Hehe

      Hapus
  11. Judulnya bikin penasaran. Hahahaha.

    Jika sempat, mampir juga dong ke blog saya www.hitsrizal.com

    BalasHapus