Selasa, 16 September 2014

Kecil Peluang di SNMPTN

Minggu tertanggal 140914 gue meetup sama Ekkkkk yang setelah sebulan lebih nggak ketemu. Gaya banget emang, biasanya juga berbulan-bulan gak ketemu biasa aja. Hahaha. Oke. Ceritanya gue janjian jam 10 kurang 15 di SLG (Simpang Lima Gumul). Niatnya berangkat jam 9 lewat 15 dari rumah, tapi jadi jam setengah 10 kurang 5 baru berangkat. Otomatis sampe SLG jam 10 pas. Gue telat lagi. Hehehe.

Ekkkkk nunggu gue di kiri jalan. Setelah ketemu, motor gue dititipin di tempat parkir SLG dan gue ke PG bareng dia. Oh iya, ceritanya hari ini gue mau konsultasi tentang SNMPTN. Biasa, anak SMK Swasta yang masih ngotot dan pengen banget masuk PTN. PG nya ada di Gurah, nggak jauh-jauh amat dari SLG. Sampe disana, gue ketemu bapak yang Ekkkkk ceritain. Gue salim dan duduk. Jaga image itu yang penting.

Mulailah gue mengeluarkan keluh kesah gue yang masih pengen PTN ke bapak itu. Dan, what’s he said? He said…

Begini mbak. Mbak tau kenapa anak SMA dan SMK itu beda? Karena dari awal tujuan mereka sudah beda. SMA tujuannya meneruskan ke perguruan tinggi. Sedangkan SMK, tujuannya kerja. Waktu seleksi, pihak PTN juga banyak memilih dari SMA. Kecuali kalau memang ada anak SMK yang memang kemampuannya diatas rata-rata.

Dan ini kurang lebih ada percakapan antara gue dan guru dari PG itu.

“Jadi kemungkinan saya lolos SNMPTN itu kecil ya, Pak?”
“Iya. Kecuali kalau kamu punya kemampuan diatas rata-rata. Apa lagi kamu farmasi.”
“Emang kenapa kalau farmasi, Pak?”
“Farmasi itu jurusan besar, Mbak. Susah masuk Farmasi yang PTN.”
“Kalau saya pilih jurusan lain di SNMPTN nanti bisa, Pak?”
“Nggak bisa, Mbak. Harus sesuai dengan jurusan di SMK nya."
"Oh gitu ya, Pak."
"Di PTN yang Mbak mau ada kakak kelas Mbak disana?"
Gue menggeleng lemah. Itulah. Bapak itu bilang, kalau kakak kelas nggak ada yang dapet disana bakal susah dan ada 3 point yang kosong di penilaian SNMPTN.

Gue lirik Ekkkkk dengan muka datar, polos bekas tamparan di pipi kanan-kiri. Berasa ditampar buat sadar kalau SNMPTN jauh gue raih. Pandangan gue, abis lulus terus cari kerja dan kuliah di PTS yang nggak kalah bagus dari PTN. Ya cuma itu. Nggak ada uang? Kerja aja dulu. Ya beginilah anak SMK.

Sekali lagi, gue nggak pernah nyesel masuk SMK ini. I’m proud to my school. Because? My school in 3rd position in grade for UNAS all VHS Pharmacy in East Java last year. So? Artinya sekolah gue nggak cuma jago di farmasinya tapi di UNAS juga. Okelah. Gue terima kalau SNMPTN cuma jadi mimpi yang kemungkinan kecil bisa terwujud.

Pulang dari PG, unmood juga. Yaudahlah. Gue sama dia ke taman SLG. Duduk-duduk, ngobrol. Cerita-cerita. Kritik orang-orang yang lewat. Terus sampe akhirnya foto-foto pake fisheye nya sodara dia. Nih hasilnya. Jadi nggak unmood uyeah.


Gue sempet denger Ekkkkk ngomong “Sti, nggak pengen posting tentang hari ini?”. Tuh udah yaaaa. Emang gue pengen posting kok sebelum lo bilang walaupun pas gue tanya langsung nggak-nggak. Hahaha. Dan inti dari hari ini, gue bakal ada dibalik layar. Suport Ekkkkk biar lolos SNMPTN. Ikut seneng kalo dia bisa lolos. Manajemen yaaaa?
Sudah ah. Next time bakal ada postingan lagi, bakal bahas tentang AI(Alih Informasi) yang bakal di adain HARI SABTU GAAAYYYYSSS. Kelompok dua bahas hipertensi. Mangat eaaaaak. HAHAHAHA~

4 komentar:

  1. SNMPTN ga ngejamin masa depan, ga ada jaminan sukses buat lulusan PTN

    BalasHapus
  2. Biarpun kecil peluang, emang tidak bisa berusaha dulu, kaksti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berusaha pasti kok dil. Cuma gak mau terlalu berharap:")

      Hapus