Selasa, 10 Juni 2014

Curhat Prakerin



Haaaai. Duh udah berapa tahun ya blog ini tidak terurus? Udah lama banget yaa gue nggak posting sesuatu yang baru gitu. Maap-maap aja sih, lagi sibuk banget nih. Beneran sibuk loh, nggak boong. Emang anak kuliah doang yang bisa sibuk? Anak SMK juga ko. Hohoho. Waktu itu sibuk tugas numpuk sama ujian praktek. Terus sibuk ujian kenaikan kelas sama tempat pkl dimana. Sibuk nyari kos dimana(padahal mah temen yang nyari). Heheh. Okelah. Kali ini mau bahas tentang PKL (Praktek Kerja Lapangan) aja deh ya, atau sekarang biasa disebut prakerin.
Prakerin sendiri cuma ada di SMK/MAK. Buat kalian yang SMA, nggak bakal lah ngerasain yang namanya prakerin. Prakerin itu kita kerja di luar lingkungan sekolah, tapi masih dibawah bimbingan sekolah. Ya seenggaknya dengan adanya prakerin kita bisa tau setelah lulus nanti kita kerjanya gimana sih. Kerja dimana sih. Tempat prakerin biasanya disesuain sama jurusan yang diambil. Kalau ngambil farmasi kayak gue, bisa di apotek maupun RS. Jurusan multimedia, temen gue di kantor-kantor gitu. Mesin, biasanya di bengkel. Tata boga, temen gue di hotel. Ya tergantung jurusannya lah.
Waktu itu, keluar pengumuman pembagian tempat prakerin. Gue milih Kediri waktu dikasih kertas “Mau Pilih Mana? Dia atau Aku?”, bukan-bukan. Ya intinya gue milih Kediri, karena? Gue nggak mau ngekos sumpah. Mau jadi apa kalau gue ngekos? Pas gue sama temen-temen liat papan pengumuman. TADAAAAA! It’s surprise! Nama gue tiba-tiba ngikut ada di daftar RS Haji Sukolilo Surabaya dan Kimia Farma Surabaya. Rasanya? Gue pengen nangis. Penasaran? Ntar deh foto tempat prakerin menyusull. Yuhuuu.
Di Kota ini Selama 2 bulan!!!

“Hahaha. Asti masuk Surabaya kaaaan.”
“Ciye asti jadi anak kos.”
Oke stooooop. Rasanya nano-nano banget. Gue bayangin mau jadi apa gue kalau ngekos. Dan yang lebih bikin gue takut. Mulai prakerin pas hari ke-2 bulan puasa tjooooy. Bayangkan deh. Paling bakal telat sahur, telat makan, telat sms kamu, telat merhatiin kamu. Nggak-nggak. Apaansi. Puasa-puasa di Surabaya ditambah prakerin. Ini nyiksa pelan-pelan yaaaa. Temen-temen gue yang lain udah pada nyari temen buat satu kamar. Gue? Yaaaa. Merenung semoga ada pangeran nan tampan menawarkan tinggal di istananya.
Temen gue, Bela, dia milih Kediri juga sama kayak gue. Tapi dapetnya malah Malang. Bersyukur si, karena gue masih ada temen cewek sekelas lah. Bela? Dapet temen cowok kelas 2 plus 2 cewek dari beda kelas. Gue bujuk dia buat tuker sama orang lain. Modus si, biar gue ada temen ngekos satu kamar. Hahaha
“Bel, tuker aja sama Inem. Biar kita satu kamar ntar ngekosnya.”
“Ntar aku tanya Inem dulu ya mau apa nggak. Aku juga pengen satu kos sama kamu.”
Aseeek gak? Untungnya bela mau gitu. Ya emang udah sahabat satu nasib si ya sama dia. Milih Kediri malah ketendang dimana-mana. Dan untungnya si Inem ini mau tuker tempat sama bela. Jadiiii? Gue sama dia deh. Dan fix tuh RS nanti gue dapet temen kos. Nggak perlu repot-repot nyari orang. Hihi.
Dan kemaren itu ngambil undian buat Kimia Farmanya. Ya lo tau sendiri lah Kimia Farma Surabaya kan banyak. Pas gue dateng ke kantor, kertas undiannya tinggal satu. Langsung gue ambil deh yaaa. Pas gue buka ada nama jalannya. Gue bingung, ya jelas aja gue nggak tau apa-apa tentang Surabaya. Begitu keluar kantor gue liat satu-satu kertas yang dibawa masing-masing anak. Liat ke A’yuni beda, Ari beda, Atik juga, Luluk lah iya beda. Dan gue ngeliat kertas yang tulisannya sama persis kayak gue. Gue langsung teriak...
“Haaaaa. Itu sama kayak gue apoteknya.” Dan gue liat orangnya... Bener aja. Catur!
“Huaaaaa. Sama Astiiiii.”
Dan kami pun berpelukan layaknya teletubies ahuwo ak aw. Ini bener-bener beruntung banget. Soalnya banyak yang nggak mujur dapet undiannya. Yaaaah. Gue kembali nyantai karena katanya dia yang mau cari kos. Jadi gue enak kan? Hahaha.
Ketika gue kasih kabar ke Atung, Uti di rumah. Mereka langsung bawel...


Terus kosannya dimana?”
Atung harus kesana pokoknya.”
Cari yang gak banyak kamar kos nya.”
Ntar kalau males nyuci, laundry aja.”
Cari yang deket sama tempat prakerinnya.”
Kalau laper langsung beli makan.”
Duh rasanya gue kayak anak tunggal banget deh. Bener-bener takut gue kenapa-kenapa. Padahal gue udah 17 tahuuun. Belum ding nanti 17 nya pas November. Tapi kan yaaa dikit lagi. Ya intinya minggu ini itu minggu remidi. Dan mulai Rabu depan bakal ada pemantapan prakerin. Buat kalian yang udah ngerasain prakerin jauh dari rumah bisa lah berbagi cerita di kotak komentar. Buat yang masih detik-detik prakerin kayak gue. Boleh lah curhat dikit di kotak komentar. Abis postingan ini gue bakal kasih tips ngekos. Mulai dari cari kos sampai cara ngirit hidup ngekos ala Asti di bulan puasa. Maap-maap aja nih kalau ada salah-salah kata. Bhaaaay!

2 komentar:

  1. Jiahahaha semangat kakak! Ciyee anak kost, makan indomie kl laper, ya! :p

    Btw, muncul di grup line dong, long time no see and talk, nih. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh jangan indomie dong. Aku ada maag nih :3
      Hihi. Kangen yaaaa? Ini mau sign in ko. Waiiiit ;p

      Hapus