Minggu, 15 Juni 2014

"Irit, Beb."




Karena postingan sebelumnya gue janji mau kasih postingan dengan tema kos. Duhileh kayak novel aja pake tema. Kali ini gue mau kasih postingan tentang “Cari Kos dan Gaya Hidup”. Berhubung di posting sebelumnya gue bilang bakal ngekos karena prakerin selama dua bulan. Sayangnya selama prakerin itu yang nyari kos di dua tempat (Kimia Farma dan RS), temen gue bukan gue. Kalau gue dapet kesempatan cari kos sendiri, gue bakal cari kos yang punya 3 kriteria. Ini dia 3 kriterianya :
1.       Ibu Kos yang Ramah

Gue taruh di nomer pertama. Kenapa? Lo bayangin aja kalau tiap hari harus dapet suasana yang kaku di kos. Gue punya temen, Ferly, yang ibu kosnya enak banget. Berasa nyokap sendiri lah. Setiap pulang sekolah selalu ditanya “Udah makan?”. Kalau pulang cepet ditanya “Tumben pulang cepet.”. Sebenernya bukan ibu-ibu tapi udah nenek-nenek. Makanya gue seneng banget mampir ke kosan dia karena ramah banget ibu kosnya. Gue pengen aja lah punya ibu kos kayak gitu. Beda lagi kalau lo nggak suka bersosialisasi. Mungkin ibu kos yang jutek nggak jadi masalah.

2.       Murah dan Berkualitas

Cari kos yang murah tapi kualitas dalem kamarnya kayak kamar dirumah sendiri. Yaps, lagi-lagi gue liat kosan temen yang sama kayak di no. 1. Emang Ferly itu beruntung banget dapet kosan kayak gitu. Lo bayangin ya, 175ribu/bulan. Itu satu kamar sendiri. Dalemnya juga nggak sempit-sempit amat kayak kebanyakan kosan. Tempat tidur, meja belajar sama lemari. Jarang loh ya ada kosan begini. Ada juga temen gue yang kosan mahal, berdua dan dalemnya sempit banget. Gue kalau udah diajak kesana ogah-ogahan deh. Bawaannya mending gue pulang deh. Sekali lagi, ini mungkin kalangan ekonomi yang krisis bakal nyari yang murah. Kalau duit lo ngalir terus ya cari aja kos yang kamar mandi dalem kamar, ac, springbed, tv, yaah yang fasilitasnya lengkap lah. Paling ya kira-kira 600ribu/bulan.

3.       Kamar Nggak Banyak dan Adem

Setelah dipikir-pikir, mending cari kos yang satu rumah itu kamarnya jangan banyak-banyak. Mending lah ya kalau kamar ada 4 (2 orang), kamar mandi satu. Coba kalau kamar banyak dan kamar mandi cuma ada 2. Buat kalian yang rajin bangun shalat tahajud nggak jadi masalah ya. Ke tempat sekolah/ kerja/ prakerin nggak bakal telat. Soalnya nggak perlu rebutan sama yang lain. Beda lagi kalau yang suka telat, bakal ketemu anak kos lain yang mau mandi juga. Itu pasti nggak enak banget. Hahaha. Dan satu lagi adem. Gue ngambil dari kosan Ferly lagi, kosan dia bisa dikatakan adem. Entah emang adem karena suasana yang pake asas kekeluargaan, kayak koperasi lama-lama. Atau karena pohon depan rumahnya yang ngademin ditambah taneman-taneman kecil. Yang jelas gue bakal nyaman banget kalau kosan adem, apalagi kalau bisa nemu di Surabaya nanti.

Mungkin mustahil ya bisa dapet tempat kos yang enak kayak gitu. Tapi kenyataannya temen gue, Ferly itu di Kediri bisa dapet kosan yang enak banget. Beda lagi kalau udah cari kos di Surabaya. Mungkin 1:10ribu kali ya. Yaaah. Buat kalian yang nggak kebentur sama biaya, silahkan cari aja yang mahal tapi berkualitas hotel. Tapi kalau pas-pasan kayak gue, silahkan cari yang murah tapi berkualitas rumah.

Tipe anak kos itu beda-beda. Ada yang hura-hura di awal bulan dan ngutang dimana-mana di akhir bulan. Ada juga yang ngirit di awal bulan dan hura-hura di akhir bulan. Ada juga yang bisa ngatur keuangannya. Gue sendiri agak bingung soal gaya hidup kayak gini. Malah ada temen gue yang pake uang sekolah buat beli barang yang nggak penting-penting banget. Semoga aja ntar ngekos gue nggak gitu. Hahaha. Gaya hidup dan persiapan yang bakal gue terapkan pas ngekos di bulan puasa ini dengan metode “Irit, Beb”. Langsung yuk.
1.       Bawa Magic Jar

Walaupun ada biaya tambahan karena bawa Magic Jar, kayaknya kita bakal bisa ngirit. Tapi Magic Jar kecil loh yaaa. Uang bulanan bisa lah sampai akhir bulan. Dengan lo bawa Magic Jar, lo bisa buat nasi sendiri dan tinggal beli lauknya. Temen gue yang ahli dalam urusan ngekos bilang sendiri. Dan yang lebih menguntungkan di bulan puasa, lo bisa beli lauk pas malemnya dan lo taro di Magic Jar. So? Lo nggak bakal keluar-keluar kos pagi-pagi buta. Irit, Beb.

2.       Cari Musolah/ Masjid


Di musolah atau Masjid gue berharap ada ta’jil. Yah sebagai anak kos yang menerapkan sistem Irit, Beb. Lumayan kan ta’jil nya gratis, kita tinggal beli buat sahur besoknya. Sekalian shalat berjamaah juga. Kali aja dapet jodoh. Ehhh

3.       Bawa Kipas Angin

Seenggaknya kipas kecil lah, kalau mau pegel ria sama kipas sate sih nggak papa yaa. Rencananya gue mau bawa kipas yang gue punya (paling kecil). Surabaya itu terkenal panasnya, 11 12 sama Jakarta lah. Jadi, gue nggak mau puasa batal gara-gara kepanasan. Hahaha

4.       Buka Puasa Langsung Nasi

Dulu waktu di Bogor, gue paling nggak suka buka puasa langsung nasi. Perut gue langsung kram. Biasanya gorengan sama teh, terus nasi sedikit. Tapi kayaknya ngekos ntar gue bakal terapin sistem buka langsung nasi. Alesannya? Sekali lagi, gue pake sistem irit beb. Kalau gue pake sistem di Bogor, sehari gue bisa abis duit buat beli gorengan dan lauk. Yaah. Harus dibiasakan.

5.       Ikut Acara Bukber

Bukber ini salah satu cara yang enak juga. Dengan lo bayar segini, lo bisa dapet ini. Ya istilahnya mah gitu. Gue sih ngarepnya pas gue di Surabaya nanti ada kopdar Kancut Keblenger Bukber Regional Surabaya. Tolonglah kapten Regional Surabaya. Hoho. Buat kalian yang ikut komunitas dan ada temen banyak di Surabaya, bisa lah cari acara bukber gitu. Kalau nggak ada? Nggak bisa sistem irit, Beb ya.

Ini cuma sebatas saran yang dikasih sama anak baru ngekos. Hazeeeeg. Semoga aja gue bisa nerapin gaya hidup diatas lah yaaa. Biar gue bisa pake sistem irit bebbb. Bisa lah di kotak komentar yang punya tips tentang ngekos berbagi info. Oke gue tunggu yaaaa. Phay!

8 komentar:

  1. Kak Asti semangat 45 sepertinya utk berdomisili di Surabaya bbrp waktu. Ciyeee.

    Take care ya, kak. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Iya nih tinggal 12 hari lagi.
      Makasih ya dilaaaaa :p

      Hapus
  2. Bener banget yg poin satu. Apalagi kalau ibu kosnya suka ngasih makan gratis, yg paling baik sih kalau bisa ngasih kamar kosnya gratis. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Itu namanya dirumah sendiri ya kalau serba gratis ka :p

      Hapus
  3. Nice tips kak, nanti kalau nge-rantau di daerah orang pasti bakalan berguna:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. Semoga postingannya berguna buat semuanya yang mau merantau. Makasih yaaa ;)

      Hapus
  4. Nah, thanks nih infonya buat gua yg insya allah merantau tahun ini :p
    Salam kenall :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik yang merantau. Sama-sama yaaa :D
      Salam kenal jugaa ;)

      Hapus