Kamis, 24 April 2014

Ctrl+C dan Ctrl+V? Nggak banget deh!


Cihuy balik lagi ya. Ctrl+C and then Ctrl+V. Apaan si pelajaran rumus TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi) pas SMP dibahas sti? Haha. Nggaaaak. Gue nggak bahas soal rumus-rumus di pelajaran itu kok. Buat elo yang ngaku jago TIK pas SMP pasti tau itu rumus buat apa. Copy dan Paste. Right? Right!!!
Yap, kali ini gue mau bahas soal para blogger yang copas(Copy Paste) tulisan dari blog orang lain. Copas itu menjiplak karya orang lain dan menganggap tulisan itu pendapatnya dia. Ya mending sih kalau copasnya sumber itu dicantum, masih bisa dibilang dia copas tapi sopan. Kalo sumber nggak dicantumin? Nah ini yang lagi gempar di dunia perblog-an. Udah banyak banget yang tulisan mereka di copas dan yang copas malah nggak nyantumin link blog kita. Marah? Jelas aja. Kesel? Pasti.
Menurut gue pribadi, orang yang copas itu punya sebab dan musabab kenapa dia bisa copas tanpa mencantumkan sumbernya. Biasanya mereka mau dipandang, mau dipuji, mau dilihat. Iya dong. Contohnya ada salah satu blogger yang semua isi blognya copas ditambah tanpa nyantumin sumbernya darimana. Doi begitu berharap trafik blognya meningkat, berharap tulisannya itu bisa dilirik sama penerbit.
Right?
Coba lo lirik komentar orang-orang yang baca postingan copas tanpa nyantumin sumber yang bawah kiri. Orang itu nggak tau blogger yang diidolakannya ternyata copas tanpa cantum sumber. Dan orang itu mau copas pakai sumber blog itu. Apa nggak salah? Padahal tulisan itu dari blogger yang memang kreatif bukan blogger copas. Kadang, kita juga perlu hati-hati guys kalau lagi blogwalking. Hati-hati tertarik sama blogger copas. Hiiiiy. Walaupun kalian gak copas. Tapi kalian bakal malu kan kagum sama blogger yang salah. Iya nggak? Eaaaa.
Lo blogger kreatif di Indonesia? Yuk bareng-bareng kita Berantas Blogger Copas dengan ikutan lomba yang disponsori oleh Web Hosting Indonesia yang berhadiah Nama Domain. So? Buruan ikutan!
Selain sebabnya mereka copas tanpa cantumin sumbernya. Gue mau bahas akibat buruk yang bakal mereka dapetin. Mereka bakal DIBULLY. Kalau itu blogger jadi salah satu anggota suatu komunitas. Pastinya bakal di bully di komunitasnya. Pernah sih gue baca ada yang dibully karna copas di komunitasnya. Sebenernya nggak dibully. Cuma dikasih tau. Tapi tetep aja namanya ngebully. Elo mau kayak gitu? Hiiiy. Gue enggak.
Susah buat dipercaya orang. Kata gue sih gitu ya. Soalnya kan sama aja blogger copas tanpa cantum sumber kayak ngebohongin kita. Ngakunya bujangan ternyata cucunya segudang. Ehhh. Bukan bukan. Ngakunya itu tulisan karya dia nggak taunya copas. Ya begitu deh. Kalau copas tanpa sumber nya cuma satu postingan masih bisa hilaf dan kita bisa percaya. Tapi kalau semua postingan di blognya copas tanpa sumber? Pasti bakal males banget kalau tau itu bukan karyanya tapi hasil Ctrl+C and then Ctrl+V tanpa sumber. Emang mau nggak di percaya para blogwalking lagi? Gue sih enggak hiiy.
Dan satu lagi, susah dilirik penerbit. Gacaya? Ya berharap aja korban copas tanpa sumber itu baiknya bak bidadari turun dari kahyangan. Bisa maafin lo dan gak dipublish kalau elo itu copas tanpa sumber. Lah kalau korbannya itu bawa garpu setan? Publish kalau elo itu copas tanpa sumber. Terus jadi heboh dimana-mana tentang lo. Muka mau taro dimana? Gawat lagi kalau penerbit ngelirik itu berita. Bisa-bisa cita-cita lo jadi penulis hangus.
So? Yuk sebagai blogger yang kreatif. Kita cegah ini bareng-bareng. Jangan sampai kita terjebak jadi Blogger Copas tanpa sumber ya guys. See you ~


 Lomba menulis ini diselenggarakan secara personal oleh : Petrus Andre
Semua hadiah disponsori oleh Qwords.com "Situs Web Penjual Hosting Terbaik di Indonesia!"
Lomba Blog by : andre.web.id

2 komentar:

  1. kalo copy paste artikel ga boleh, terus gimana caranya supaya tulisan blog kita ga bisa di copy paste orang lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Criptnya dimatiin dijadiin gambar. Atau ya secara halus bisa ditulis dibawah tentang copas dengan sopan cantumin sumber ka.

      Hapus