Rabu, 23 Juli 2014

Apa Bisa Jadi Yang pertama (?)



Nggak terasa emang gue udah ada di kelas 12. Jadi kakak kelas yang tertua di SMK. Bisa ngelabrak sana-sini. Nggak-nggak. Gue kakak kelas yang baik hati. Ade kelas songong aja gue cukup elus dada. Gue nggak bakal ngomongin tentang labrak-melabrak. Karena hobi gue bukan labrak-melabrak ade kelas. Tapi gue mau ngomongin SNMPTN!!!

Tadi gue sempet googling dengan kata kunci “CARA LULUS SNMPTN”. Dan gue meng-klik- salah satu website yang muncul. Ada beberapa penilaian dari SNMPTN itu sendiri. Gue tiba-tiba terdiam ketika gue sampe di nomer 7, yaitu...

JUMLAH ALUMNI.


Gue langsung diam seribu bahasa. Gue gak lebay. Gue gak alay. Tapi emang bener. Gue ini dari SMK Swasta di kota Kediri. Bukan dari sekolah yang bernama depan SMAN ataupun SMKN. Yang lulusannya udah tersebar di berbagai PTN di Indonesia ini. Yang nama sekolah mereka udah jadi langganan PTN tertentu. Nyesel? Bukan. Gue nggak pernah nyesel masuk SMK swasta. Gue malah sangat bersyukur bisa masuk di SMK gue ini. Gue bisa merasakan jadi anak kuliah. Yap, sekolah gue kayak kuliah. Pulang dan masuk beda dengan kelas lain.

Oke gue bahas jumlah alumni. Jujur aja, kakak kelas gue memang ada yang lolos SNMPTN. Nggak sampe puluhan kayak SMAN/SMKN dan dipajang kalau mereka meloloskan sekian murid lolos SNMPTN. Nggak seperti itu, sekolah gue cenderung masa bodo. Gue ngomong bener adanya. Perlu tanya satu per satu ke kakak kelas untuk tahu seberapa banyak sekolah gue meloloskan muridnya dalam SNMPTN. Dan gue baru tahu bahwa tahun kemarin sekolah gue kena blacklist dua tahun dari PTN di luar pulau Jawa.

Rencana ke depan, gue mau ambil farmasi salah satu PTN di provinsi Jawa Barat. Tapi nggak ada kakak kelas gue yang masuk sana. Gue udah mantepin buat pilih di PTN itu. Kenapa nggak pilih PTN yang ada alumni? Karena nilai rapor gue kalah sama yang lain. Sama aja gue bunuh diri kalau pilih PTN yang sama kayak temen gue, dan temen gue itu nilainya jauh diatas gue.

Belum ada alumni di PTN yang gue incar, itu artinya gue harus jadi yang pertama. Apa gue bisa jadi yang pertama? Yang pertama masuk di PTN tersebut dari sekolah gue? Sedangkan nilai gue nggak bisa dibilang BAGUS. Jujur lagi, gue pesimis.

Coba dong share di kotak komentar pengalaman SNMPTN. Atau SBM juga boleh. Buat jadi patokan gue ambil tindakan. Karena sekarang gue duduk di kelas 12 dan gue harus tahu mau kemana gue lulus nanti.

4 komentar:

  1. Hai Asti. Kayaknya masih gak pede ya mau masuk mana?
    Semangat dong, inget loh, orang biasa-biasa aja itu lebih beruntung daripada orang pinter. Yah, meskipun harus tetep dibarengin sama usaha dan doa.
    Sejauh ini sih, temen-temen aku yang biasa aja malah bisa masuk PTN favorit dibanding orang-orang pinter yang nilainya lebih tinggi dari mereka.
    Tetap semangat dan berusaha ya, jangan lupa berdoa juga.
    Sukses terus, Asti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, kak Winda :)
      Iya ka. Kurang pede tepatnya. Aku masih minder buat jadi yang pertama. Aku gak percaya diri buat hal yang begituan. Aku yang biasa aja tapi mimpinya luar biasa. Mungkin nggak si ka? :')
      Pasti. Semangat! ;)

      Hapus
  2. Yah semangat aja, SNM sama SBM menurut ku sih ada tergantung "Nasib"nya
    ada cerita temen ku nih pas SMA bolosnya sering ngerjain PR nyontek, bukan maksud buat jelekin dia sih, tapi dia bisa masuk di PTN yang aku mau tapi akunya ga dapet disana :') semangat dan yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kata kakak kelasku juga gitu. SNM sama SBM itu tergantung "Bejo" nya orang itu dimana. Orang bejo lebih menang dari orang pinter. Kayaknya cuma andelin kata-kata itu deh ka.
      Oke semangat :'))

      Hapus