Rabu, 16 Juli 2014

Gagal Itu Penting



Setiap shift pagi, pasti ibu apoteker selalu standby di apotek tempat pkl. Ibu ini suka banget cerita anything. Mulai dari cerita masa lalunya sampe temen-temennya itu diceritain. Gue mencoba menjadi pendengar setia apa yang ibu ini keluhkan. Gue sih be going aja lah. Mungkin dari denger ceritanya bakal ada masukan yang cukup buat mengubah gue ke arah yang lebih baik. Amin.

Dan tadi, lagi-lagi ibu apoteker ini bilang...

Gagal itu penting bagi aku

Ibu itu bilang kalau gagal itu penting. Soalnya kita bisa ngerasain rasanya apa yang kita inginkan nggak tercapai. Kita bisa ngerasain susahnya dapetin apa yang kita mau. Kita bisa ngerasain sakit dan pait sepaitnya hidup. Duh tumben nih gue jadi bijak. Dan ibu apoteker ini cuma bakal menanyakan satu pertanyaan yang singkat tapi berarti buat beliau. Begini pertanyaannya...

“Mas, kamu pernah gagal?”

Gue dari dulu pacaran nggak pernah nanya pertanyaan itu. Karena mungkin gue belum bisa mikir ke depannya gimana. Tapi emang pertanyaan itu penting banget dan kalian bakal setuju kenapa pertanyaan itu harus ada di question list buat para calon pacar maupun calon pendamping hidup yaaa.

Dan tadi ada jawaban dari ibu apoteker yang gue tanyakan alasan kenapa pertanyaan itu penting. Tentunya bikin gue speechless dan dalem hati setuju juga sih sama kata-katanya...

“Gini loh dek. Aku itu nggak mau sama yang nggak pernah gagal. Karena apa? Karena dia belum ngerasain pahitnya apa yang kita mau nggak tercapai. Dia juga kalau nantinya gagal pasti bakal susah buat bangun lagi. Karena dia belum ngerasain yang namanya gagal. Belum lagi kalau pas aku lagi gagal juga. Siapa yang mau membesarkan hati kita berdua? Kalau yang udah pernah gagal. Kan pasti dia udah terbiasa buat bangkit. Pas aku gagal juga dia bisa membesarkan hati aku.”



Emang bener banget apa yang dibilang ibu apoteker gue. Intinya cowo yang udah pernah ngerasain gagal itu yang paling hebat. Ibu apoteker itu bilang karena kebanyakan cowo yang deket dan jadi gebetannya itu nggak pernah gagal. Sedangkan ibu apoteker sendiri pernah jungkir balik berusaha buat masuk FK (Fakultas Kedokteran) tapi ya emang rezekinya di Farmasi tetep gagal buat masuk FK.

Gue sendiri juga udah pernah jungkir balik ngerasain gagal. Waktu SD ke SMP gue sempet gagal buat masuk SMP yang gue mau. Tapi Alhamdulillah gue dapet hidayah di SMP yang bukan pilihan gue. Waktu SMP ke SMA pun gue gagal masuk SMAN dan malah masuk SMK Swasta. Dan lagi-lagi gue disini punya temen yang macem-macem dari berbagai daerah. Dan kegagalan gue lagi ya kalah lomba menulis, turunnya nilai rapor, dll. How about you? Kegagalan apa yang pernah kalian dapat? Share yuk di kotak komentar. Daaaaah.

22 komentar:

  1. gagal nembak cewek, gagal kuliah di tahun pertama lulus, gagal masuk tim sepak bola SMA di tahun pertama, pokoknya gagal banyak deh hehe

    BalasHapus
  2. Gagal mewujudkan impian theater, padahal udah diterima tapi ternyata gak mendapat ijin dari nyokap. #MakJleb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bakal dapet yang lebih baik lagi ditambah dapet ridha dari nyokap :)

      Hapus
  3. "Gagal itu penting!", nice quote :D

    BalasHapus
  4. Gagal itu proses menuju keberhasilan. Biasanya kalo berhasil gak pake gagal dulu itu kesannya cuman "Udah, gitu doang?". Tapi kalo berhasil yang disertai gagal pasti bakal lebih lebih berarti :))

    BalasHapus
  5. Justru malah ngeri kalo tiba-tiba sukses. Gagal yang cukup berat pasti bakalan nyusul di belakangnya. Itulah kenapa kita harus belajar dari kesalahan. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener banget ka. Ngerinya dibelakang bakal gagal dan susah buat bangun. Karena sebelumnya belum pernah gagal :)

      Hapus
  6. gagal itu sukses yang kepending :) keep calm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya "Gagal Itu Penting" :) keep calm

      Hapus
  7. BETUL! Setuju sekali. Sama seperti "orang yang kuat adalah orang yang mengenal betul arti kelemahan" - Shingeki No Kyojin :)

    BalasHapus
  8. Gagal kontes desain T__________T
    sakitnya itu disini </3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bakal dapet yang lebih baik dari kontes itu. Semangat bang ! :)

      Hapus
  9. Saya gagal nembak cewek 4x, akhirnya menikah juga... Hwakakakakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah. Congratulation ! Berarti dengan gagal itu ada kejutan yang lebih tak terduga. Selamat bang :)

      Hapus
  10. Gagal ngalahin main pes temen juga pernah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum main coba tahajud dulu ya. Kali aja bisa menang ;)

      Hapus
  11. Ayo, coba ditanyakan orang sekitarnya. Pernah gagal atau tidak, mau jujur atau tidak. Hayoooo. *eh.

    BalasHapus